Rangkuman Cara Perawatan "Power Supply" Pertemuan 3 Maintenance Computer




power supply merupakan sebuah piranti elektronikyang berfungsi sebagai sumber daya untuk piranti lain yang berdaya listrik.Alat ini tidak menghasilkan energi listrik saja, ada juga pencatu daya yang secara khusus menghasilkan energi listrik yang dibutuhkan untuk keperluan tertentu dan menghasilkan energi mekanik dan energi lainnya.

power supply ini terdiri atas dua macam, yakni power supply yang distabilkan dan power supply yang tidak distabilkan. Power supply yang distabilkan bisa digunakan pada berbagai macam piranti etektronik, sedangkan power supply yang tidak distabilkan adalah jenis pencatu daya yang sederhana sehingga tegangan maupun arus keluarannya tidak stabil. power supply jenis ini biasanya digunakan untuk piranti elektronik yang sederhana dan tidak sensitif terhadap berbagai perubahan tegangan dan keluaran.

Teknik merawat supply yang baik :

1. Bersihkan power supply dan berbagai macam kotoran dan debu yang melekat di dalamnya. Debu-debu yang menempel akan menghalangi sirkulasi udara pada power supply sehingga bisa merusak alat tersebut.
2. Bukalah kontak power supply saat hendak dibersihkan agar semua kotoran dan debu tidak bersisa. Lakukan cara perawatan yang benar pda power supply ini pada saat piranti elektonik sudah tidak pada masa garansi. jika masih dalam garansi, gunakan air compressor saja untuk membersihkan.
3.Gunakan bilah pensil untuk mencegah daun fan berputar saat peniupan berlangsung.
4. Gunakan masker hidung dan mulut agar debu dan kotoran tidak menginfeksi mata.
5. Jika debu dan kotoran tidak bisa dibersihkan dengan air compressor, gunakan cotton buds yang sudah diolesi cairan pembersih. Lakukan proses ini dengan hati-hati.
6. Bersihkan permukaan logam kotak power supply dengan menggunakan lap yang sudah diberikan cairan pembersih.

contoh gambar :



baca juga :


demikianlah beberapa langkah cara perawatan pada power supply yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Jika tidak bersedia, serahkan saja pada yang ahlinya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rangkuman Cara Perawatan "Power Supply" Pertemuan 3 Maintenance Computer "

Posting Komentar